Hubungi Kami

+6231 58289903

Buat janji temu

Kupang Indah VIII No. 49 Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

Perusahaan yang wajib menerapkan Sistem ISO 27001

5 Jenis Perusahaan Yang Wajib Menerapkan ISO 27001 Sebagai Standar

Dalam menjalankan sebuah bisnis, RekanAkta harus menyiapkan sejumlah dokumen untuk membuktikan legalitasnya. Untuk pengelolaan usaha yang bergerak di bidang kelistrikan, misalnya, pengusaha memerlukan SBU Kelistrikan. Sementara dalam layanan di bidang konstruksi, SBU Konstruksi menjadi dokumen yang wajib dipenuhi.
Kemudian, ada pula standar taraf internasional yang diterbitkan The International Standard of Organization alias ISO yang perlu RekanAkta pelajari. Termasuk di antaranya ISO 27001 yang berkaitan dengan Information Security Management Systems alias ISMS.

Mengenal ISO 27001 dan fungsinya

Secara garis besar, ISO 27001 adalah standar internasional yang diterapkan pada sistem pengelolaan keamanan informasi (ISMS). Jenis sistem ini termasuk pendekatan sistematis yang ditujukan untuk mengatur berbagai informasi yang bersifat sensitif di sebuah perusahaan. Tujuannya adalah menjaga serta mengoptimalkan tingkat keamanannya.
Penerapan ISO 27001 akan menunjang perusahaan dalam membangun hingga memelihara manajemen keamanan yang melindungi informasi. Penggunaan standar ini pun telah dilakukan di banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Untuk mendapatkannya, mereka harus mengikuti sertifikasi dan implementasi khusus.
Sebagai catatan tambahan, ISMS yang menerima ISO 27001 berisi prosedur serta kebijakan yang ditujukan untuk pengelolaan data sensitif secara sistematis. Tujuannya adalah menekan risiko yang mengancam keamanan penyimpanan informasi agar dampak pelanggaran dapat diminimalisasi.

Berbagai manfaat penerapan ISO 27001

Pengaplikasian ISO 27001 yang dilakukan sesuai klausul akan memberikan berbagai manfaat pada perusahaan, di antaranya adalah:

  • Sebagai bukti manajemen perusahaan. Seperti yang disebutkan, ISO 27001 dapat digunakan sebagai bukti kualitas manajemen sebuah perusahaan. Mereka akan dianggap berkomitmen dalam mematuhi undang-undang maupun aturan hukum lainnya; 
  • Meningkatkan kredibilitas dari pelanggan. Perusahaan yang mengajukan sertifikasi standar ISO 27001 secara tak langsung akan meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Khususnya dari mereka yang sadar akan pentingnya menjaga keamanan data sensitif;
  • Mengoptimalkan reputasi dan imej. ISO 27001 yang perusahaan dapatkan melalui implementasi dan prosedur sejenis pun akan membantu mengoptimalkan imej maupun reputasi. Hal ini mencakup persepsi mereka di mata klien hingga kompetitor;
  • Mengurangi biaya pengeluaran. Bagaimana pengajuan sertifikasi standar internasional berdampak pada biaya pengeluaran dalam sebuah perusahaan? Rupanya ISO 27001 dapat mencegah kejadian yang berpotensi merugikan secara finansial.

Perusahaan yang memerlukan ISO 27001

Walau dijadikan sebagai standar perusahaan, sejauh ini belum ada aturan tetap yang membahas secara spesifik jenis organisasi yang diwajibkan menerapkan ISO 27001. Di sisi lain, penjelasan di atas telah menyinggung keamanan informasi sebagai fokus utama jenis ISO ini. 
Dari keterangan tersebut, perusahaan-perusahaan berikut dinilai patut mempertimbangkan ISO 27001 demi melindungi data yang digunakan.

⦁ Perusahaan yang mengelola data sensitif
Ada banyak perusahaan yang menyimpan sekaligus mengelola data sensitif. Salah duanya yang bergerak di sektor keuangan dan kesehatan. RekanAkta yang menjalankan usaha dengan memakai data pribadi para pelanggan pun sebaiknya mengaplikasikan ISO 27001 sebagai bentuk proteksi.
⦁ Penyedia jasa penyimpanan berbasis cloud
Sistem komputasi berbasis cloud yang sedang mengalami perkembangan pesat memerlukan perlindungan untuk menekan potensi serangan siber. Dalam hal ini, ISO 27001 menjadi salah satu standar yang direkomendasikan untuk atribut keamanannya.
⦁ Organisasi yang wajib mematuhi regulasi
Regulasi dalam hal ini dapat berupa HIPAA (Amerika Serikat), GDPR (Uni Eropa), serta UU Perlindungan Data Pribadi (Indonesia). Sertifikasi untuk memperoleh ISO 27001 pun membantu sejumlah organisasi untuk mematuhi aturan-aturan yang terdapat dalam regulasi.
⦁ Layanan yang rentan kena serangan siber
Sertifikat ISO pun dibutuhkan bagi RekanAkta yang menyediakan jenis layanan yang rentan mengalami serangan siber. ISO 27001 adalah standar yang tepat untuk melindungi pengelolaan teknologi yang memuat macam-macam informasi yang kerap dicuri.
⦁ Usaha yang butuh keunggulan kompetitif
Satu lagi jenis pihak yang memerlukan ISO 27001 dalam standarisasinya adalah perusahaan-perusahaan yang memerlukan keunggulan kompetitif. Aspek ini biasanya membantu mereka untuk membangun kredibilitas, baik dari para pelanggan maupun mitra bisnisnya.

Semoga informasi ini membantu RekanAkta mengurus ISO 27001.

Author

Editor Akta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *