Hubungi Kami

+6231 58289903

Buat janji temu

Kupang Indah VIII No. 49 Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

Apa itu ISO 17025

Legal usaha boleh jadi merupakan salah satu hal penting yang wajib diurus agar RekanAkta bisa menjalankan bisnis dengan lancar. Akan tetapi, hal-hal yang harus RekanAkta urus untuk menjalankan bisnis bisa saja beragam tergantung jenis bisnis yang RekanAkta jalankan. 
Nah, ketika RekanAkta menjalankan bisnis berupa laboratorium misalnya, RekanAkta tidak boleh abai untuk mengurus sertifikasi ISO 17025. Sebenarnya apa itu ISO 17025 dan seberapa penting sertifikasi tersebut untuk sebuah laboratorium? Penjelasan lebih dalam mengenai ISO 17025 bisa RekanAkta pelajari di bawah ini.

https://biruniconsulting.com/persyaratan-dokumentasi-dan-sistem-manajemen-sesuai-dengan-iso-17065/

Pengertian ISO 17025

Bila sebuah perusahaan konstruksi perlu mendapatkan SBU Konstruksi yang menunjukkan bahwa perusahaan konstruksi tersebut layak dan legal menjalankan usaha, laboratorium pengujian dan kalibrasi membutuhkan sertifikasi ISO 17025 yang menunjukkan kompetensi laboratorium tersebut yang diakui secara formal mengingat ISO 17025 merupakan standar akreditasi laboratorium yang sudah diakui di seluruh dunia. Dengan kata lain, hasil pengujian dan kalibrasi yang dilakukan oleh laboratorium dengan sertifikat ISO 17025 bisa diterima secara internasional.
ISO 17025 diadaptasi menjadi SNI Sertifikat ISO/IEC 17025:2017 di Indonesia. Dengan adanya penyesuaian tersebut, seluruh laboratorium di Indonesia tentu perlu melakukan penyesuaian akreditasi sesuai dengan sistem akreditasi terkini. RekanAkta bisa mempelajari ketentuan penyesuaian menurut aturan yang diterbitkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang merupakan lembaga non-struktural di bawah presiden yang mengurus persoalan standardisasi. Anggota KAN sendiri meliputi perwakilan setiap pemangku kepentingan termasuk pelaku usaha dan konsumen.

Prinsip Penerapan ISO 17025

Tentu penerapan ISO 17025 untuk laboratorium akan sangat spesifik dan berbeda dengan SMK3 Kemnaker. RekanAkta bisa menemukan beberapa prinsip dalam ISO 17025. Prinsip yang pertama adalah standar pendekatan proses penerapan ISO 17025 sesuai dengan standar yang terbilang lebih mutakhir, seperti ISO 9001, 17020, 17021, dan sebagainya.
Penekanan utama ISO 17025 bukan dari deskripsi hasil pekerjaan dan langkah yang diambil untuk mendapatkan hasil tersebut, melainkan berorientasi pada hasil dari sebuah proses. Standar ISO 17025 mengutamakan aplikasi teknologi informasi yang meliputi pemakaian sistem komputer, hasil dan rekaman elektronik, juga laporan elektronik.
Ruang lingkup ISO 17025 sangat luas dan meliputi seluruh kegiatan laboratorium, termasuk pengujian, kalibrasi, dan sampling. Adanya ISO 17025 mendorong laboratorium memiliki cara berpikir dan beroperasi yang mampu menjamin kendali seluruh proses dan keandalan data yang dihasilkan.

Mengapa Penerapan Sertifikasi ISO 17025 Penting?

Tentu ada manfaat yang bisa diperoleh jika laboratorium sudah mengantongi sertifikat ISO 17025. Sertifikasi ISO 17025 bukan sekedar kertas yang bisa dibingkai dan digantung di dinding resepsionis laboratorium. Ketika ISO 17025 diterapkan, laboratorium bisa senantiasa memonitor personel untuk memastikan bahwa pekerjaan sudah dilakukan dengan benar sesuai prosedur. Penting menerapkan ISO 17025 sebagai salah satu upaya RekanAkta untuk mengurangi resiko saat menjalankan laboratorium. 
Tak hanya penting untuk menjamin kelancaran operasi laboratorium, ISO 17025 juga akan memberikan manfaat berarti bagi pelanggan karena laboratorium bersertifikat ISO 17025 akan berkomitmen memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Hal ini berarti bahwa laboratorium yang sudah memiliki sertifikat ISO 17025 memiliki citra yang lebih baik sehingga kepuasan dan kepercayaan pelanggan pun meningkat. Tentu citra laboratorium yang lebih baik dengan adanya sertifikat ISO 17025 tersebut juga bisa memberikan keuntungan untuk memasarkan laboratorium tersebut.
Sertifikasi ISO 17025 tidak akan berlaku selamanya. Laboratorium akan senantiasa terpacu untuk memperbaiki sistem manajemen laboratorium secara terus-menerus agar bisa mempertahankan sertifikat ISO tersebut. Kemampuan laboratorium yang sudah bersertifikat ISO 17025 dan yang belum tentu memiliki kemampuan yang berbeda sehingga pelanggan bisa membandingkan kemampuan laboratorium hanya dengan melihat sertifikasi yang dimiliki.

https://idalamat.com/images/addresses/3807371-laboratorium-klinik-dialisa-surabaya-jawa-timur.jpeg

Syarat Pendaftaran Sertifikasi ISO 17025

Sertifikat ISO 17025 baru bisa diperoleh oleh sebuah laboratorium yang memang mendaftar dan kemudian lolos pengujian standar. Namun, sebelum itu RekanAkta perlu menyiapkan beberapa dokumen yang menjadi syarat pendaftaran sertifikasi. RekanAkta perlu menyiapkan dokumen panduan mutu laboratorium, dokumen prosedur mutu laboratorium, dokumen instruksi kerja, formulir pendukung, dan lampiran pendukung.

Info lebih lanjut terkait ISO 17025 hubungi Team Marketing kami ya RekanAkta.

Author

Editor Akta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *