Hubungi Kami

+6231 58289903

Buat janji temu

Kupang Indah VIII No. 49 Surabaya

Buat janji temu

JB Tower, Lt.10 , Jakarta

⁠Proses SIUJPTL akan ada verifikasi lapangan oleh ESDM dan PTSP Provinsi

Kenali Tips Mempercepat Proses Pengajuan SIUJPTL Bagi Perusahaan
Demi memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang ditetapkan pemerintah, penting bagi perusahaan di sektor kelistrikan untuk memiliki yang namanya Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL). Akan tetapi dalam memiliki sertifikat tersebut, biasanya memerlukan proses pengajuan SIUJPTL yang terbilang cukup lama. Meski demikian, RekanAkta perlu tahu bahwa ternyata ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam upaya mempercepat proses pengajuan sertifikat tersebut. Untuk memahami apa saja tips yang dilakukan dalam mempercepat proses pengajuan SIUJPTL, maka bisa menyimak detail ulasannya di artikel berikut ini.

https://sbulistrik.com/SBULISTRIK.html

Sekilas definisi tentang SIUJPTL
Pada dasarnya, SIUJPTL (Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik) merupakan sertifikat izin resmi yang dikeluarkan pemerintah bagi perusahaan yang menjalankan bisnis usahanya di bidang tenaga listrik. Adapun dalam surat perizinan tersebut, biasanya terdapat beberapa layanan mulai dari instalasi, pemeliharaan sampai dengan pengujian peralatan listrik. Apabila semua persyaratan dalam SIUJPTL telah terpenuhi, maka dipastikan bahwa badan legal usaha tersebut sudah memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga, hal inilah yang menjadikan perusahaan tersebut bisa beroperasi dengan aman dan efisien.
Lebih lanjut, RekanAkta perlu tahu bahwa umumnya ada beberapa jenis layanan yang memang memerlukan adanya sertifikasi SIUJPTL yang biasanya dilakukan oleh pihak ESDM dan PTSP Provinsi. Beberapa layanan tersebut antara lain mulai dari instalasi jaringan listrik, konsultasi teknis, pemeliharaan peralatan listrik sampai dengan pengajuan dan inspeksi. Jika sudah memiliki sertifikat SIUJPTL, maka perusahaan dapat menawarkan layanan yang sudah terjamin legalitas dan kredibilitasnya tersebut kepada kliennya.

Tips yang perlu dilakukan dalam mempercepat proses pengajuan SIUJPTL
Untuk mendapatkan sertifikat SIUJPTL, biasanya akan ada beberapa persyaratan – persyaratan yang memang harus dipenuhi oleh pihak perusahaan itu sendiri. Entah itu berupa persyaratan dokumen administratif maupun persyaratan teknis dan kompetensi. Jika sudah terpenuhi semua persyaratan yang dimaksud tersebut, maka bisa langsung melakukan proses pengajuan dari mulai pengisian formulir permohonan, verifikasi dokumen sampai dengan inspeksi lapangan. Adapun bagi RekanAkta yang menginginkan proses pengajuan SIUJPTL tersebut dapat berjalan dengan cepat, maka bisa menerapkan beberapa tips penting yang ada di bawah ini.

  • Pastikan semua dokumen dipersiapkan dengan matang

Salah satu tips penting yang bisa dilakukan dalam mempercepat proses pengajuan SIUJPTL, yaitu dengan memastikan terlebih dahulu agar semua dokumen sudah dipersiapkan secara matang dan lengkap. Dalam hal ini, RekanAkta perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai apa saja dokumen yang dibutuhkan dalam mengajukan sertifikasi SIUJPTL tersebut apakah sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan atau belum salah satu yang wajib ada Serkom atau Sertifikat Kompetensi dan SBUJPTL. Jika semuanya sudah dipastikan lengkap dan sesuai persyaratan, maka bisa langsung melakukan proses pengajuan ke pihak yang menangani hal tersebut.

  • Lakukan konsultasi dengan pihak yang ahli di bidangnya

Meskipun dapat dilakukan secara mandiri, akan tetapi alangkah lebih baiknya bagi seseorang untuk meminta bantuan dari pihak yang ahli di bidangnya dalam pengurusan pengajuan sertifikasi SIUJPTL. Sebab di tangan yang sudah ahli tersebut, proses pengajuan sertifikat SIUJPTL bisa dilakukan dengan waktu yang cenderung lebih cepat daripada yang biasanya. Hal ini wajar, dikarenakan biasanya tim ahli tersebut nantinya akan memberikan panduan dan tips penting untuk memudahkan perusahaan dalam memenuhi segala persyaratan pengajuan SIUJPTL. Bahkan jika ditemukan adanya kendala ataupun permasalahan tertentu, nantinya bisa dicarikan solusi terbaik dalam mengatasinya tersebut.

  • Pastikan semua prosedur telah dipenuhi dengan baik

Adapun tips yang tidak kalah penting untuk dilakukan dalam upaya mempercepat proses pengajuan SIUJPTL, yaitu dengan memastikan agar supaya RekanAkta telah mengikuti semua prosedur dengan cermat dan teliti. Pasalnya meskipun hanya terdapat satu kesalahan saja, hal tersebut bisa saja berdampak besar pada masalah penundaan atau bahkan penolakan permohonan sertifikasi SIUJPTL. Oleh sebab itulah, disini pastikan agar supaya RekanAkta melakukan pemeriksaan setiap langkah dan mengikuti setiap prosedur yang sudah ditetapkan dengan seksama.

Demikianlah tadi pembahasan seputar beberapa tips yang perlu diterapkan dalam upaya mempercepat proses pengajuan SIUJPTL. Dengan melakukan tips ini, maka perusahaan yang RekanAkta jalankan saat ini bisa segera beroperasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi klien ke depannya nanti.

https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/MStsh9Bou_Nc-O99mse5ac3ZI-8=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/953893/original/076204800_1439381466-20150812-Pasukan_Elite_PLN-Jakarta-01.jpg

Author

Editor Akta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *