Peran Konsultan dalam sertifikasi ISO
Peran Konsultan dalam sertifikasi ISO
ISO atau kepanjangan dari International Organization for Standardization adalah salah satu standar internasional sebagai sistem manajemen yang digunakan untuk mengukur mutu suatu organisasi. Adanya ISO menjadi ukuran kredibilitas sebuah perusahaan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Perusahaan yang telah mempunyai sertifikasi ISO lebih berpeluang memenangkan kompetisi pasar global. Lalu, apa sebenarnya peran konsultan ISO itu? Rekan Akta, yuk simak penjelasannya berikut ini.
Manfaat ISO Dalam Perusahaan
1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
Jika sebuah perusahaan telah menerapkan ISO, bisa dipastikan telah memenuhi standar. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan konsumen. Adanya sertifikasi ISO membuat konsumen juga percaya bahwa perusahaan benar-benar bekerja secara profesional.
2. Sebagai Acuan Kerja
Sesuai prinsip manajemen mutu, semua standarisasi dapat diterapkan oleh seluruh karyawan. Umumnya, personil perusahaan akan mendapatkan pelatihan. Cara ini mampu memotivasi karyawan untuk menjaga kualitas, produktivitas, dan efisiensinya. Dengan begitu, bisa meminimalisir kesalahan dalam bekerja. perusahaan migas. Pada dasarnya SKUP migas adalah sebuah surat izin wajib dimiliki oleh perusahaan agar bisa melakukan operasional dalam dunia migas.
3. Meningkatkan Branding Perusahaan
Adanya Standar ISO bermanfaat untuk branding suatu perusahaan yang telah mengaplikasikannya. Keuntungan yang didapatkan berupa peningkatan image atau brand yang dipasarkan. Hal ini juga menjadi nilai plus guna menambah citra baik untuk perusahaan di mata dunia.
“Lantas, Apa Peran Seorang Konsultan ISO?“
Sudah melihat jelas apa saja manfaatnya, bukan? Maka dari itu, peran konsultan ISO juga sama pentingnya. Seorang konsultan ISO akan bertanggung jawab dalam memastikan organisasi atau perusahaan menjalankan sistem manajemennya baik dan telah sesuai persyaratan yang berlaku.
- Meningkatkan Pemahaman Suatu Organisasi Mengenai ISO
- Peran konsultan ISO sangat dibutuhkan perusahaan guna membangun keterampilan dan keahlian untuk karyawan. Selain itu, membantu perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan pengetahuan sekaligus pemahaman mengenai sistem manajemen ISO yang telah dibangun oleh organisasi tersebut. Hal ini berlaku untuk perusahaan dan organisasi yang ingin menerapkan sistem manajemen, baik ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 27001, ISO 16949, ISO 28000, dan masih banyak lagi.
- Mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan Kerja
- Standar ISO juga harus diterapkan dalam sebuah perusahaan untuk menyediakan tempat kerja yang aman bagi karyawannya. Melalui pelatihan ahli K3 dan SMK3 Kemnaker, mampu meningkatkan kinerja manajemen kesehatan sekaligus keselamatan. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan untuk mengendalikan faktor penyebabnya, sehingga meminimalkan dampak negatifnya.
- Melalui ISO Mampu Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi
- Konsultan ISO turut membantu mengambangkan dan membangun sistem manajemen ISO pada perusahaan maupun organisasi. Hal ini bertujuan agar kinerjanya menjadi lebih efisien, efektif, dan cepat.
- Konsultan Dapat Memberikan Masukan dan Saran
- Keahlian dari seorang konsultan bukan hanya seorang pelatih saja, tetapi juga membantu perusahaan atau organisasi dalam mengarahkan sistem manajemen yang sedang dibangun dan dikembangkan. Konsultan ISO dapat memberikan pendapat, masukan, dan arahan dalam membuat kebijakan, sasaran mutu, prosedur, rencana, dan lain-lain. Tujuannya agar berjalan dengan baik guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari perusahaan tersebut.
- Membantu Perusahaan Untuk Bernegosiasi
- Konsultan ISO mempunyai relasi dan kerja sama dengan lembaga sertifikasi. Tentu, seorang konsultan akan mengerti mengenai kontrak klien tersebut. Konsultan akan membantu bernegosiasi dengan lembaga sertifikasi ISO.
- Membantu Menjaga Sistem Manajemen
- Setelah mengadakan kontrak kerja sama, tentunya dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan dan menjaga sistem manajemen yang telah dibangun. Konsultan akan mengunjungi rutin ke perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat ISO, kunjungan akan dilakukan secara berkala. Dengan begitu, implementasinya tetap terjaga dan berjalan dengan baik.
- Memberikan Bimbingan Training Di Awal Konsultasi
- Setelah melakukan kerja sama, konsultan ISO akan memberikan training atau pelatihan pada awal konsultasi guna memastikan perusahaan telah memahami syarat ISO. Peran konsultan ISO juga akan membimbing pelaksanaan, terutama kegiatan wajib oleh sistem manajemen ISO yang berupa rapat tinjauan manajemen. Rekan Akta, itulah 7 peran dan tanggung jawab seorang konsultan ISO dalam sebuah perusahaan.
Demikian Artikel kali ini mengenai Peran Konsultan dalam Sertifikasi ISO, semoga Artikel ini bermanfaat! untuk anda yang ingin melakukan Konsultasi Sertifikasi ISO dan juga Perizinan Usaha lainnya dapatkan Konsultasi GRATIS dari AKTA Conculting, Hubungi Kami melalui: